Last Updated on

Bagi para panitia buku tahunan sekolah sudah pasti tahu betul bagaimana proses menyusun buku tahunan sekolah yang cukup memangkas waktu dan tenaga.

Mulai dari diskusi tentang budget, mencari vendor buku tahunan sekolah, menyusul jadwal untuk foto, mengumpulkan biodata, proses design juga cetak buku tahunan sekolah.

Namun, hal tersebut akan terbayarkan setelah buku tahunan selesai dicetak dan dibagikan untuk masing-masing siswa maupun siswi.

Tak jarang, setelah melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi, buku tahunan sekolah akan terus tersimpan di rak buku hingga saat nantinya, kalian akan membuka lagi.

Admin akan membagikan tips nih, bagaimana cara buku tahunan kamu tidak mudah rusak, tentunya awet.

Tips Merawat Buku Tahunan Sekolah Agar Tetap Awet
Tips Merawat Buku Tahunan Sekolah Agar Tetap Awet (Crisp)

Berikut ini beberapa tips menyimpan dan merawat buku tahunan sekolah

Tips berikut ini supaya buku tahunan kalian tidak mudah rusak meskipun disimpan selama bertahun-tahun.

1. Jangan Menumpuk

Buku yang disimpan secara berdiri atau vertikal akan mendapatkan lebih banyak udara dibandingkan buku yang disimpan dengan cara ditumpuk.

Menumpuk buku tahunan sekolah akan membuat jilid dan cover buku rusak, cepat lembab, halaman-halamannya akan menempel, dan hurufnya akan cepat pudar. Oleh karena itu lebih baik menyimpan buku tahunan sekolah dengan meletakkannya secara vertikal.

2. Beri Silica Gel di Rak Buku

Jika buku tahunan sekolah disimpan di rak tertutup atau di ruangan yang sirkulasi udaranya kurang bagus, maka perlu diberikan silica gel untuk menyerap air yang dibawa udara. Gantilah silica gel tersebut secara berkala.

3. Hindari Menyimpan Buku Tahunan Sekolah di Dalam Kardus

Kardus mengandung asam serta rentan akan gangguan dari rayap.

Oleh karena itu, jauh lebih baik menyimpan buku tahunan sekolah di dalam rak buku yang terbuat dari kayu atau plastik agar tetap terjaga kualitasnya.

4. Simpan Buku Tahunan Sekolah pada Ruangan Dengan Pencahayaan yang Baik

Simpanlah buku tahunan sekolah pada ruangan yang memiliki pencahayaan yang baik. Dengan sinar matahari yang cukup, ruangan akan bebas lembab dan juga serangga.

Namun pastikan juga sinar matahari tidak terlalu terik mengenai rak buku atau buku-bukunya agar halamannya tidak bergelombang dan covernya tidak rusak.

5. Jangan Meletakkan Buku Tahunan Sekolah Berdekatan Dengan Buku Yang Sudah Rusak

Buku yang terkena jamur atau rayap, sebaiknya dipisahkan dari buku-buku yang ‘sehat’ lainnya karena jamur dapat merembet ke buku-buku lainnya.

Jangan lupa juga bersihkan buku tahunan sekolah dan buku-buku lainnya secara berkala menggunakan kemoceng atau lap agar debu-debu tidak menempel.

Dengan penyimpanan dan perawatan yang baik, baik cover buku tahunan sekolah maupun isinya akan tetap terjaga dengan baik meskipun disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Buku Tahunan Sekolah (Kenangan)?