Last Updated on

Apa Saja Manfaat Buku Tahunan Sekolah (Kenangan)?
Apa Saja Manfaat Buku Tahunan Sekolah (Kenangan)?

Kalo kamu mau bikin Buku tahunan, yang pasti nggak bisa langsung jadi gitu aja. Ada banyak langkah – langkah yang tepat buat nentuin pembuatan buku tahunan itu sendiri. Nah, terus apa aja ya? Bisa disimak nih, apa aja sih yang harus disiapin

  1. Tentukan konsep atau tema

Konsep adalah hal penting yang sering terlupakan. Konsep yang jelas akan menjadikan buku tahunan kamu terlihat lebih baik karena terjadi alur dan skema yang jelas dari mulai cover sampai akhir halaman.

Dalam menyusun konsep ini, harus diomongin bareng nih antara panitia, perwakilan kelas dan vendor / media organizer guna mendapatkan tema yang baik. Kamu juga harus memilih konsep yang unik dan juga tidak menyulitkan, karena kamu harus menyiapkan dress code dan tempat pemotretan yang sesuai dengan konsep.

Setelah konsep atau tema umum buku tahunan udah ditentuin, baru deh konsep tiap-tiap kelas diserahkan ke masing-masing kelas sesuai dengan kreativitas masing-masing.

  1. Tentukan Konten

Setelah menentukan tema, selanjutnya tentukan pembagian konten/isi buku tahunan.

Lalu secara umum isi dari Buku Tahunan antara lain:

  • Data sekolah
  • Biodata guru & para staf sekolah
  • Foto siswa per kelas
  • Foto-foto momen seru selama masa sekolah

Untuk data sekolah dan biodata guru & para staf sekolah bisa kamu minta nanti di sekolahan, sedangkan foto siswa per kelas nanti dikoordinir tiap kelas. Nah untuk foto momen-momen seru nih nanti yang bakal menjadi tugas panitia BTS buat mencollect foto-foto mulai dari saat ospek dulu, sampai merencanakan foto-foto bareng dan mengabadikan kegiatan yang akan datang.

  1. Tentukan Spesifikasi

Mulailah menyusun draft halaman dari cover sampai akhir halaman, berapa halaman yang dibutuhkan, dummy atau sketsa lay out dan apa saja yang akan dimasukkan kedalam buku tahunan kamu. Jangan lupa pilihlah material yang dipakai kedalam BTS, mulai dari jenis kertas, finishing sampai fitur-fitur yang ada di BTS (Pop Up, Spin Wheel, Poster, Packaging, etc). Sesuaikan spesifikasi BTS dengan budget yang akan kammu keluarkan.

  1. Buat Timeline Pengerjaan

Setelah menyusun daftar konten dan spesifikasi yang dibutuhkan, tentukan waktu pengerjaan masing-masing daftar konten tersebut. Pastiin kalo kamu ngerjainnya ga pas masa-masa sibuk kelas 12.

Dari jadwal tersebut, kamu bisa lihat nih masa-masa sibuk kelas 12 itu kapan. Yang jelas mulai Maret, kamu bakal disibukkan oleh Ujian Sekolah, Ujian Praktek, Bimbingan, UN, dll. setelah UN pun bakalan libur panjang sehingga akan sangat susah ngumpul kalo misalnya mau buat foto angkatan. Jadi waktu yang tepat buat foto angkatan atau foto seru-seruan yaitu mulai sekarang bulan November ini. Kenapa? karena waktu kamu masih longgar banget, praktis belum ada kegiatan selain kegiatan belajar mengajar.

  1. Sesi Photoshoot

Setelah mendapatkan tema baik, mulailah melakukan photoshoot. Kalo kamu memerlukan foto angkatan di BTS kamu, ya mau ga mau kamu mesti ngumpulin satu angkatan buat foto bareng. Nah cara yang ampuh buat foto satu angkataan adalah sehabis upacara.

Sedangkan untuk foto per kelas, briefinglah kepada seluruh kelas untuk memilih sub-tema yang masih berkaitan (contoh; Tema: music, Sub-tema: Rock, Jazz, Pop). Lalu setiap kelas berkewajiban untuk memakai dress code dari tiap sub-tema, jangan sampai satu murid tidak masuk tema atau salah kostum karena bisa merusak sub-tema dari kelas itu sendiri. Pilih lah tempat yang sesuai dengan sub-tema, pilih tempat yang bisa dan mudah dijangkau, jangan memaksakan tempat yang terlalu jauh karena akan memberatkan salah satu teman sekelas kamu.

  1. Editing & Percetakan

Dalam tahap ini ada baiknya kamu menyerahkan kepada pihak yang kamu percayakan (vendor / media organizer), dalam tahap ini tugas kamu adalah mendampingi dan menjelaskan visual seperti apa yang kamu inginkan serta sesekali merevisi. Percayakan vendor untuk buku tahunan mu ke Creative Shoot aja!