Last Updated on

Kalau kamu lagi senang menggeluti dunia fotografi pastinya kamu butuh kamera DSLR yang tepat sesuai kebutuhan. Memilih kamera memang terkadang butuh riset mendalam dan tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Ketika memilih juga ada baiknya sesuaikan dengan preferensi pribadi dan jangan terlalu terpatok dengan orang lain. Karena, kamera tersebut bukan digunakan oleh orang lain, melainkan diri kita sendiri.

Daripada lama-lama nih, langsung aja, simak tips memilih kamera DSLR yang cocok bagi para pemula dalam dunia fotografi berikut!

  1. Cari Referensi

Kalau masih belum cukup informasi untuk mendapat kamera terbaik-mu, cari referensi di internet atau teman-teman yang mengerti tentang kamera. Cari ulasan-ulasan tentang spesifikasi kamera dan hasil fotonya.

Bisa juga bergabung dengan forum-forum fotografi untuk mendapatkan informasi lebih seputar kamera incaran.

  1. Pelajari Spec Kamera

Megapiksel, sensor, ISO, menjadi beberapa unsur penting dalam spesifikasi kamera. Resolusi diukur dari seberapa besar megapiksel dalam sebuah kamera.

Selain itu, tentu lensa juga akan berperan penting dalam pengambilan gambar. Pastikan resolusi dan spesifikasi sesuai dengan kemampuan fotografi.

  1. Service Center yang Mudah Ditemui

Pilih agen DSLR yang ada di sekitar rumah-mu. Kenapa? Karena akan memudahkan service atau mengganti spare-part kamera ketika rusak. Pengeluaran biaya pun juga akan lebih sedikit.

Walaupun hal ini terlihat sepele tetapi, cukup penting mempertimbangkan service centre di sekitar rumah. Jika ada kerusakan yang tidak diinginkan, memperbaiki kamera akan jadi lebih mudah.

Selain itu, jika tetap ingin membeli seri lama, harganya pun bisa saja berbeda, juga lebih murah.

  1. Cek Garansi

Garansi juga menjadi unsur penting untuk diperhatikan ketika ingin membeli kamera DSLR. Ketahui berapa lama waktu garansinya.

Kemudian, perhatikan juga komponen apa saja yang termasuk dalam garansi tersebut. Dengan begitu garansi dapat dimanfaatkan sebaik mungkin nantinya.

  1. Tetapkan Satu Merk Kamera

Seperti sudah dibahas di poin nomor 4, ada banyak merk-merk kamera di Indonesia. Ketika sudah mantap dengan pilihan merk kamera, jangan berpindah kepada merk lainnya. Saat membeli kamera DSLR berarti akan melakukan investasi.

Kemungkinan, ketika membeli kamera, kalian akan membeli lensa berbeda-beda. Satu merk lensa tidak bisa dipadukan dengan merk kamera lain contohnya, lensa Sony tidak kompatibel dengan kamera Canon.

Kecuali, jika memang ingin mencoba berbagai merk atau berniat menjual perangkat-perangkat tersebut. Memang pastinya harus siap menanggung resiko rugi.

Disarikan dari berbagai sumber.