Last Updated on

Kalau kamu lagi senang menggeluti dunia fotografi pastinya kamu butuh kamera DSLR yang tepat sesuai kebutuhan. Memilih kamera memang terkadang butuh riset mendalam dan tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Ketika memilih juga ada baiknya sesuaikan dengan preferensi pribadi dan jangan terlalu terpatok dengan orang lain. Karena, kamera tersebut bukan digunakan oleh orang lain, melainkan diri kita sendiri.

Daripada lama-lama nih, langsung aja, simak tips memilih kamera DSLR yang cocok bagi para pemula dalam dunia fotografi berikut!

  1. Apa Alasan Beli Kamera?

Ketika ingin membeli sebuah kamera DSLR, pertimbangkan untuk apa tujuan Toppers memilikinya. Jika ingin mendalami dunia fotografi, tentu kalian akan membutuhkan kamera dengan spesifikasi yang pas contohnya kamera DSLR semipro.

Tetapi, jika untuk kebutuhan dokumentasi pribadi atau tugas dan kebutuhan lainnya, kamera DSLR basic saja sudah cukup.

  1. Perhatikan Karakteristik Kamera

Hal ini bisa menjadi pertanyaan paling dasar bagi para calon pembeli. Apakah ingin mendalami landscape photography, foto portrait, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan hasil maksimal tentu perlu memilih tone sesuai preferensi.

Jika ingin memotret pemandangan untuk bisa dibawa traveling, tentu akan membutuhkan kamera yang agak ringan, simpel tetapi memberikan gambar tajam untuk memunculkan warna maksimal.

  1. Sesuaikan Kebutuhan dengan Budget

Kalau sudah mengetahui tujuan dan jenis kamera yang dibutuhkan, selanjutnya perlu menyesuaikan dengan budget. Jangan habiskan dana hanya untuk membeli kamera.

Setidaknya survei harga, miliki patokan harga yang sesuai. Jangan sampai membeli kamera terlalu mahal tetapi, tidak sesuai kebutuhan.

  1. Cari Tahu Merek Kamera

Jangan tergoda hanya karena merk. Di pasaran, banyak brand-brand ternama, dimana brand ini saling bersaing memberikan fitur menarik. Kemudian riset lah semua merk, kira-kira mana yang mendukung kegiatan fotografi.

Perlu diketahui juga setiap merk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Setidaknya ada beberapa merk ternama dan dipercaya oleh para fotografer seperti Canon, Nikon, Fujifilm, hingga Olympus.

Terkadang kalian mungkin akan bingung ketika memilih kamera misalnya, lebih bagus Sony atau Canon. Kembali lagi ke kebutuhan masing-masing, mantapkan tujuan dalam memasuki dunia fotografi-mu.

  1. Perhatikan Fitur yang Dibutuhkan

Kenali fitur-fitur apa saja yang ditawarkan pada kamera impian. Supaya menunjang aktivitas fotografi untuk kebutuhan sehari-hari, bisa memilih kamera berfitur standard dengan harga relatif terjangkau.

Tetapi, jika ingin menunjang kebutuhan pekerjaan atau profesi akan membutuhkan fitur unggulan.

  1. Ukuran dan Model

Pilihlah ukuran yang nyaman digenggam oleh tangan. Untuk mendapat hasil fotografi terbaik tentu harus dalam posisi yang nyaman.

Model juga akan mempengaruhi kenyamanan tangan ketika menggenggam. Pastikan ukuran dan modelnya tepat untuk dibawa meng-explore foto.