Last Updated on

Pada masa dimana persaingan bisnis semakin sulit seperti saat ini, keberadaan Company Profile memang sangat dibutuhkan. Bukan tanpa alasan, keberandaan Company Profile alias compro bagi suatu perusahaan ditujukan agar  mampu memperkenalkan berbagai  informasi penting kepada pihak-pihak yang membutuhkan informasi mengenai suatu perusahaan, terlebih lagi bagi calon konsumen.  Dalam hal ini, Company Profile memiliki peran penting untuk merepresentasikan sebuah perusahaan (organisasi).

Pada umumnya, sebuah compro berisikan mengenai gambaran umum perusahaan, yang  di mana perusahaan akan memilih poin-poin apa saya yang ingin disampaikan secara terbuka kepada publiknya. Company profile juga biasanya akan disesuaikan dengan kepentingan sasaran perusahaan. Misalnya saja apakah company profile dibuat untuk konsumen, pihak bank, pemasok, atau lembaga lain yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.

Tak hanya itu saja, Company Profile juga diarapkan memberikan penjelasan mengenai berbagai hal di dalam perusahaan, dan juga produknya baik secara verbal ataupun grafik demi mengangkat corporate value dan juga product value. Penyertaan produk ini juga dapat menjelaskan produk keunggulan perusahaan dibandingkan pesaing.

Sebelum merancang Company Profile, perusahaan harus memperhatikan corporate value atau nilai-nilai perusahaan yang akan ditampilkan dalam compro. Corporate value sendiri tercemin dalam beberapa hal sebagai berikut :

  1. Sejarah Perusahaan

Penting bagi stakeholder untuk mengetaui sejarah berdirinya suatu perusahaan. Selain untuk memberikan dasar yang sama dalam bisnis untuk memulai usaha, sejarah berdirinya suatu usaha juga dapat menggambarkan kepada pihak-pihak stakeholder tentang landasan usaha yang berdiri. Hal yang menentukan keberhasilan compro adalah apakah kisah mengenai sejarah perusahaan ini sudah cukup kuat secara pengalaman dan kekompakan individu yang terlibat didalam perusahaan tersebut.

  1. Visi Serta Misi Perusahaan

Secara umum, dapat diartikan kalau visi adalah cita-cita atau tujuan yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan ataupun individu dalam jangka panjang. Bisa dikatakan, apa yang ini diraih oleh perusahaan dalam periode tertentu. Sementara itu, misi adalah cara-cara yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk menggapai visi yang diinginkan. Keberadaan kedua hal ini sangat penting dalam company profile. Dengan disertakannya visi misi perusahaan, stakeholder dapat semakin yakin kalau mereka memiliki visi yang sama atau bersinggungan dengan perusahaan anda.

  1. Kinerja Perusahaan

Yang tidak kalah penting untuk dihadirkan di dalam company profile adalah hal apa saja yang sudah pernah dikerjakan sebelumnya. Salah satu faktor yang membuat stakeholder yakin dengan perusahaan anda adalah pengalaman kerja yang pernah dilakukan serta progress dalam menangani pekerjaan terdahulu. Hal ini dapat diperlihatkan secara verbal ataupun visual dengan menampilkan dokumentasi hasil pekerjaan yang sudah dilakukan tersebut.