Sebagai seorang fotografer, kamu tidak hanya diharuskan mencari kamera yang mumpuni, namun kamu juga wajib memilih lensa yang tepat. Agar kamu tidak salah pilih, kali ini Kami akan membagikan tips memilih lensa kamera yang tepat dan sesuai kebutuhanmu.

  1. Perhatikan Aperture Lensa

Sebisa mungkin, cari lensa yang memiliki aperture lebar. Semakin lebar bukaan lensa, maka cahaya yang masuk ke sensor kamera akan lebih banyak. Sehingga kualitas foto bakal lebih baik, bahkan di lingkungan yang minim cahaya.

Sebagai contoh, lensa kamera dengan aperture f/2.0 punya bukaan yang lebih besar dibanding f/2.8. Semakin besar angkanya, maka semakin kecil bukaan lensanya. Dan, hal ini berlaku sebaliknya.

  1. Pilih Lensa Fix atau Zoom?

Jika kamu membeli lensa untuk digunakan berfoto keluarga atau dengan teman-teman, serta hanya digunakan untuk kebutuhan dalam ruang. Lensa fix merupakan pilihan tepat untukmu.

Namun, jika kamu hobi kegiatan luar ruang dan senang menjepret objek foto dari kejauhan. Sebaiknya kamu memilih lensa zoom. Karena dengan lensa ini, kamu bisa mendapatkan hasil foto yang berkualitas meski dari jarak jauh.

  1. Uji Secara Langsung Lensa yang Akan Dibeli

Ketika sedang memilih lensa kamera di toko, bawalah bodi kamera yang kamu miliki. Hal ini bertujuan untuk mengetes secara langsung kondisi dan kualitas lensa kamera yang akan kamu beli. Pastikan lensa kamera tidak gagal fokus dan menempatkan fokus objek secara tepat.

Selain itu, perhatikan pula kondisi ring fokus atau zoom yang ada di lensa kamera, apakah masih terasa kaku atau malah terlalu longgar. Kebersihan optik lensa pun juga harus kamu perhatikan. Pilihlah optik lensa yang bersih dan tidak berjamur, karena sangat mungkin ada jamur di lensa baru yang sudah terlalu lama disimpan.

  1. Pastikan Garansi Resmi

Pastikan lensa kamera yang akan kamu beli memiliki garansi resmi. Lebih baik jika perangkat lensa mendapatkan garansi langsung dari pabrikan pembuat lensa. Karena, tentunya garansi produsen bakal lebih terpercaya dibanding garansi yang diberikan oleh toko.

Nah, apabila kamu sudah membaca tips memilih lensa kamera di atas, dijamin kamu akan terhindar dari risiko salah membeli lensa kamera. Kegiatan fotografi tentunya akan terasa lebih mudah dan maksimal dengan pemilihan lensa kamera yang tepat.