Last Updated on

Proyek buku tahunan sekolah termasuk proyek dengan anggaran yang cukup besar dan memakan waktu yang cukup lama, mulai dari proses pengumpulan data, foto, design serta cetak.

Oleh karena itu, setiap sekolah memutuskan untuk menggunakan vendor buku tahunan sekolah untuk mengerjakan proyek pembuatan buku tahunan sekolah. Memilih vendor buku tahunan sekolah pun tidak bisa sembarangan karena pada umumnya proyek akan berlangsung cukup lama.

Namun, seringkali kita mendengar adanya kasus dimana buku tahunan sekolah tidak selesai dan uang dibawa kabur oleh pihak yang bersangkutan. Tentunya, kita tidak mau hal ini terjadi dan harus mempersiapkan beberapa hal untuk mencegahnya:

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah adanya penipuan proyek buku tahunan sekolah.

Vendor Buku Tahunan Sekolah
Vendor Buku Tahunan Sekolah

1. Jangan Tergiur Harga Murah

Pertama, kalian jangan tergiur dengan harga murah dan banyak bonus yang ditawarkan.

  • Pilihlah harga paling rasional (masuk akal) yang ditawarkan oleh vendor (penyedia jasa).
  • Hitung kembali, apakah harga tersebut masuk akal atau tidak?

Memang banyak vendor buku tahunan sekolah dengan harga yang murah, tapi tetap harus dipertimbangkan kembali dari segi kualitasnya.

2. Cek Lokasi / Survey Terlebih Dahulu

Kita harus melakukan survey atau cek lokasi vendor buku tahunan sekolah tersebut.

Dengan mengetahui lokasi pasti dari kantor vendor buku tahunan sekolah tersebut, kita akan tahu harus kemana kita apabila ada hal-hal yang sifatnya mendesak.

3. Cek Jalur Komunikasi Mereka

Cek juga jalur komunikasi yang digunakan misalnya nomer telepon atau whatsapp kantor vendor tersebut dan jangan lupa untuk meminta kontak alternatif apabila ada masalah komunikasi.

4. Membuat Perjanjian Diatas Materai Rp 6000

Lalu jangan lupa untuk membuat perjanjian hitam di atas putih. Sebenarnya membuat perjanjian dengan menggunakan materai adalah hal yang sangat mendasar dalam sebuah perjanjian kerja sama.

Namun, pastikan kalian tidak melewatkan tahap ini karena surat perjanjian bermaterai sudah mengandung kekuatan hukum sehingga surat perjanjian proyek buku tahunan sekolah tersebut dapat menjadi alat bukti jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, menulis detail mengenai pelanggaran kesepakatan dan konsekuensinya juga diperlukan.

Baca juga: 5 Tips Memilih Vendor Buku Tahunan Sekolah Terbaik

Kesimpulan

Penipuan proyek buku tahunan sekolah bukan hal yang sepele, mengingat kita akan:

  1. Menghabiskan banyak waktu
  2. Dana untuk buku tahunan sekolah.

Mempersiapkan penyusunan cetak buku tahunan sekolah dengan sebaik mungkin juga dapat membantu kita agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Semoga beberapa tips mencegah penipuan proyek buku tahunan sekolah di atas bisa bermanfaat, ya!