Last Updated on

Memiliki kamera DSLR itu berarti Kamu harus siap dengan perawatannya. Ya, kamera ini juga butuh perawatan agar lensanya selalu bersih dari debu. Selain itu, perawatan kamera DSLR juga dilakukan untuk menjaga kamera ini agar tetap awet. Cara merawat kamera DSLR yang tepat untukĀ  memang sangat bermanfaat untuk memperpanjang usia kamera.

Tahukah Kamu bahwa jamur bisa tumbuh di kamera DSLR yang tidak rutin dibersihkan? Oleh karena itu, jika Kamu memiliki kamera DSLR maka lakukan perawatan dengan membersihkannya secara rutin. Kali ini, Carisinyal akan membagikan cara merawat kamera DSLR untuk pemula. Yuk, simak langkah-langkah selanjutnya berikut ini!

  1. Pasang Filter untuk Melindungi Lensa

Satu hal lagi yang harus diperhatikan jika Kamu ingin merawat kamera DSLR agar tetap awet, jangan lupa untuk memasang UV Filter pada lensa Kamu. Tenang saja, pemasangan filter pada lensa tidak akan mengurangi kualitas bidikan foto.

Sesuai dengan namanya, UV Filter akan menjaga lensa dari pengaruh buruk sinar matahari yang mengandung ultraviolet. Selain itu, fungsi dari filter adalah untuk mencegah debu dan kotoran menempel di lensa. Filter juga harus dibersihkan secara berkala ketika Kamu membersihkan lensa. Namun, Kamu tidak perlu ekstra hati-hati saat membersihkan filter lensa ini, cukup gosok filter dengan kain halus saja.

  1. Pasang Lens Hood pada Lensa

Apa fungsi dari lens hood? Apakah fungsinya hanya untuk membuat kamera DSLR jadi terlihat lebih keren? Tidak. Lens hood berguna untuk mencegah cahaya berlebih masuk ke sensor kamera. Perlu Kamu ketahui bahwa cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera dalam jangka panjang ternyata bisa mengurangi kepekaan sensor itu sendiri.

Oleh karena itu, disaat Kamu hunting foto di ruang terbuka pada siang hari, selalu gunakan lens hood dan UV filter. Sekedar informasi, harga lens hood juga tidak terlalu mahal.

  1. Perhatikan Perawatan Baterai Kamera

Baterai lithium-ion yang digunakan pada kamera Kamu biasanya memiliki usia sekitar 500 kali siklus pengisian daya. Jadi, apabila sudah melewati siklus 500 kali charging, umumnya daya baterai akan menurun dan Kamu harus segera mengganti baterai tersebut.

Cara merawat kamera DSLR agar baterai tetap awet adalah jangan membiarkan baterai kamera disimpan di ruangan dengan suhu ekstrem 43 derajat. Jangan lupa untuk mengisi daya baterai apabila Kamu sudah tidak menggunakan kamera tersebut dalam jangka waktu panjang.

  1. Gunakan Shoulder Strap Saat Mengambil Foto

Hal sederhana yang satu ini juga bagian dari merawat kamera. Ya, Kamu harus menggunakan shoulder strap saat sedang membidik gambar di mana pun Kamu berada. Tali ini berfungsi untuk menggantung kamera di leher saat Kamu sedang mengambil foto.

Karena kita tidak pernah tahu apa hal yang akan terjadi, shoulder strap menjaga kamera agar tidak jatuh atau terlepas dari genggaman Kamu. Harga shoulder strap ini murah, tapi mampu melindungi kamera Kamu secara optimal.

  1. Simpan Kamera Di Dry Box

Cara menyimpan kamera DSLR yang benar adalah dengan memasukkannya ke dalam dry box. Dry box akan melindungi kamera dari perubahan suhu yang tergolong ekstrem. Sesuai dengan namanya, kotak penyimpanan ini akan menjaga kamera agar tetap kering dan terhindar dari kelembaban yang dapat merusak komponen internal kamera.

Dry box juga bermanfaat untuk melindungi kamera DSLR agar tidak jamuran. Karena menyimpan kamera di tempat yang lembab dapat membuat kamera berjamur, khususnya pada bagian optik lensa.

Nah, itulah cara merawat kamera DSLR dari Carisinyal agar tetap awet dan bersih. Merawat kamera DSLR ini tergolong gampang-gampang susah, tapi ini merupakan suatu keharusan bagi Kamu yang memiliki kamera DSLR. Kamu perlu merawat kamera secara berkala dan memperhatikan kebersihan dari setiap komponen yang melekat pada kamera.

Disarikan dari berbagai sumber.